Tuesday, June 10, 2008

Bersuci / Berwudhu

Apabila kita hendak melaksanakan sholat, maka terlebih dahulu kita harus berwudhu/mensucikan diri dari hadas kecil, sebagaimana yang Allah perintahkan kepada kita dengan ayat-ayat dalam firman-NYA :

Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai pada siku (tanganmu), dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai pada kedua mata kakimu, dan jika kamu junub (atau berhadas besar), maka bersucilah kamu (mandilah), dan jika kamu dalam keadaan sakit atau kamu dalam perjalanan atau kamu kembali dari tempat buang air atau kamu menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air (untuk bersuci), maka bertayamumlah kamu dengan debu tanah yang bersih, lalu sapulah mukamu dan tanganmu dengan debu tanah itu. Allah tidak menghendaki untuk menyulitkan kamu, akan tetapi Allah hendak membersihkan kamu (atau mensucikan kamu), dan hendak menyempurnakan ni'mat-NYA atas kamu supaya kamu bersyukur. (Q.S.5:6)

Dan ingatlah akan ni'mat Allah atasmu dan perjanjian-NYA, yang dengannya itu Dia janjikan kepadamu, ketika kamu mengatakan : "Kami dengar dan kami t'ati". Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui isi hati (mu). (Q.S.5:7)

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang-orang yang menegakkan (kebenaran) karena Allah serta menjadi saksi terhadap (perbuatan manusia) dengan adil. Dan janganlah kebencianmu kepada suatu kaum itu dapat membuatmu (jadi) berdosa karena tidak berlaku adil. Berlaku adillah kamu (karena) adil itu lebih dekat kepada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S.5:8)

Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (Q.S.5:9)

Dan orang-orang yang mengingkarinya dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka. (Q.S.5:10)

Itulah yang telah Allah perintahkan kepada kita, supaya kita bersuci dengan air yang bersih apabila kita hendak mengerjakan sholat, dan bila kita berhadas besar maka mandilah kita terlebih dahulu sebelum kita bersuci/berwudhu untuk melakukan sholat, dan bila kita dalam keadaan sakit atau kita dalam perjalanan atau kita kembali dari tempat buang air atau kita menyentuh perempuan, kemudian kita tidak memperoleh air untuk bersuci, maka bertayamumlah kita dengan debu tanah yang bersih, kemudian sapulah muka dan tangan kita dengan debu tanah yang bersih itu tersebut. Adapun yang demikian itu karena Allah tidak menghendaki untuk menyulitkan kita, melainkan Allah hendak membersihkan kita atau mensucikan kita, dan yang demikian itu karena Allah hendak menyempurnakan ni'mat-NYA atas kita supaya kita bersyukur kepada-NYA.

1 comment:

Supriadi said...

I think that thanks for the valuabe information and insights you have so provided here. visit link:

strategi bisnis sambil kerja,
Contoh Soal psikotes PDF,
Antivirus terbaik untuk PC/Laptop,
Cara buat blog